KITAB AL-ARBA'IN AN-NAWAWI IMAM NAWAWI

KITAB ARBAIN NAWAWI



Arbain Nawawi atau Al-Arba'in An-Nawawiyah (Arab: الأربعون النووية )  merupakan kitab yang memuat empat puluh dua hadits pilihan yang disusun oleh Imam Nawawi.[1]

Arba'in berarti empat puluh dalam bahasa arab, akan tetapi sebenarnya terdapat empat puluh dua hadits yang termuat dalam kitab ini. Bersama dengan kitab Riyadhus Shalihin, kitab ini dianggap sebagai karya Imam Nawawi yang paling fonumenal dan diterima segala lapisan umat muslim di seluruh dunia. Kitab ini menjadi favorit di kalangan santri untuk memulai menghafal hadits-hadits Nabi sebelum beralih ke kitab-kitab yang lebih besar.

Kitab Arbain Nawawi ini bukan satu satunya kitab yang pernah dikarang. Sebelumnya terdapat kitab-kitab arbain seperti milik para imam Al-Ajurri, Al-Baihaqi, Ash-Shabuni, Al-Hakim, Ad-Daruquthni, Ath-Thabari, As-Suyuthi, Ibnu Hajar Al-Asqalani dan selain mereka yang berjumlah hingga puluhan kitab Arbain. Sehingga untuk membedakan dengan kitab Arbain yang lain, disebutlah namanya Al-Arba'in An-Nawawiyah.

Kitab ini merupakan salah satu kitab yang sangat populer di antara kitab lainnya dan diterima dengan baik diseluruh umat muslim. Kitab ini dipilih dan banyak dibahas oleh para ulama dan menjadi rujukan dalam menyebarkan ajaran Islam kepada kaum muslimin berkaitan dengan masalah akidah, ibadah, muamalah dan syariah, karena sifatnya yang ringkas namun mendasar.
Begitu populer dan agungnya kitab ini sehingga menarik minat para ulama untuk memberikan syarah seperti Imam Nawawi, Ibnu Daqiqil Id, Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di, dan Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin.  Kemudian hal tersebut menarik perhatian Sayyid bin Ibrahim Al-Huwaithi untuk mengumpulkan syarah tersebut kedalam satu buku yang diberinya nama "Ad-Durrarus Salafiyah Syarah Al-Arba'in An-Nawawiyah”.

Adapun ulama lain yang juga memiliki syarah terhadap kitab ini adalah Abu Hafsh Umar Al-Bilbisy Asy-Syafi'i dengan judul Faidhul Ma'in, kemudian Jamaluddin Yusuf At-Tibrizi, Ahmad Al-Isybili, Ibnu Hajar Al-Haitami Al-Makki, Mulla Ali Al-Hanafi, Sirajuddin bin Ali Asy-Syafi'i dan masih banyak lagi, bahkan ada yang menyebutkan tidak kurang 50 kitab yang mensyarah hadits Al-Arba’in An-Nawawiyah ini.

Selain itu kitab ini juga disyarah dan diberi tambahan 8 hadits sehingga menjadi genap berjumlah 50 hadits, kemudian kitab ini dinamakan Jami'ul Ulum wal Hikam oleh Ibnu Rajab Al-Hanbali[6]. Kitab Arbain Nawawi plus 8 hadits dari Ibnu Rajab inipun juga diberikan syarah, salah satunya oleh Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr, seorang ahli hadits dan ulama senior di kota Madinah saat ini. Berikut isi dari kitab “Al-Arbain An-Nawawiyah” karya Imam Nawawi.

Isi Kitab

  1. Pahala Ditentukan Niat Seseorang
  2. Tentang Islam Iman dan Ihsan
  3. Pilar Islam
  4. Penciptaan Manusia dan Amalan Terakhirnya
  5. Kemungkaran dan Bid’ah
  6. Halal dan Haram
  7. Agama adalah Nasihat
  8. Haramnya Darah Seorang Muslim
  9. Pilih yang Mudah dan Tinggalkan yang Susah
  10. Syarat Diterimanya Doa
  11. Tinggalkan yang Meragukan
  12. Menyibukkan Diri Dengan Sesuatu Yang Bermanfaat
  13. Ukhuwah Islamiyah
  14. Jiwa Seorang Mu’min Terpelihara
  15. Etika Orang Beriman
  16. Jangan Marah
  17. Berlaku Ihsan Dalam Segala Hal
  18. Taqwa Kepada Allah dan Akhlak yang Baik
  19. Pertolongan dan Perlindungan Allah
  20. Malu sebagian dari Iman
  21. Istiqamah dan Iman
  22. Jalan Menuju Surga/li>
  23. Semua Kebaikan adalah Shadaqah
  24. Jangan Dzalim
  25. Karunia dan Luasnya Rahmat Allah
  26. Mendamaikan Orang Bertikai Dengan Adil
  27. Antara Kebajikan dan Dosa
  28. Menjalankan Sunnah dan Menjauhi Bid’ah
  29. Pintu-pintu Kebaikan
  30. Rambu-rambu Allah
  31. Hakikat Zuhud
  32. Jangan Berbuat Madharat
  33. Dasar-dasar Hukum Dalam Islam
  34. Menyingkirkan Kemungkaran
  35. Ukhuwah dan Hak-hak Muslim
  36. Rangkuman berbagai Kebaikan
  37. Keadilan dan Karunia Allah
  38. Sarana Untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah
  39. Kesulitan Akan Dimudahkan
  40. Mengambil Dunia untuk Keselamatan Akhirat
  41. Mengikuti Syariat Allah
  42. Luasnya Ampunan Allah


Referensi :
  • Zarabozo, Jamaal al-Din M. (1999). Commentary on the Forty Hadith of Al-Nawawi, Volume 1. Al-Basheer Company for Publications & Translations. ISBN 978-1-891540-04-2
  • Syarah Arbain An-Nawawi; Imam Nawawi, et al; Jakarta; Darul Haq (2006) ISBN 979-3407-76-X, hal xii.
  • Muqadimmah Kitab Jami'ul Ulum wal Hikam; Ibnu Rajab Al-Hanbali
  • An-Nawawi’s Forty Hadith, Cambridge, Islamic Texts Society, 1997, p. 22.
  • Syarah Arbain An-Nawawi; Imam Nawawi, et al; Jakarta; Darul Haq (2006) ISBN 979-3407-76-X
  • Kasyf Azh-Zhunun, 1/59-60





[1] Beliau adalah Al Imam Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf bin Murri bin Hasan bin Hussain bin Jumu’ah bin Hizam Al Hizamy An Nawawi Asy Syafi’i. Beliau dilahirkan pada bulan Muharram tahun 631 H di Nawa daerah Hauran termasuk wilayah Damaskus Syiria.

Related Posts:

0 Response to "KITAB AL-ARBA'IN AN-NAWAWI IMAM NAWAWI"

Post a Comment