Futuhul Ghaib Risalah Kelima : Kehidupan Dunia

Risalah Ke-5
Kehidupan Dunia


Referensi pihak ketiga


Bahwasanya Syaikh Abdul Qadir Jailani berpesan demikian:
“Jika kau melihat dunia ini berada ditangan mereka maka janganlah takjub. Dunia itu memang penuh dengan hiasan tetapi penuh dengan bisa/racun yang mematikan. Tampaknya lembut tetapi membahayakan bagi yang merabanya. Dunia pada hakikatnya mengecoh mereka dan membuat manusia menyepelekan keburukan dari tipu daya dan janji-janji kepalsuannya.”
Bila engkau melihat yang demikian itu, maka hendaknya kau berlaku seakan-akan menghadapi orang-orang sombong, sewenang-wenang dan berbau busuk. Ibaratkanlah dunia itu seperti demikian itu. Maka terhadap dunia, jika engkau melihat situasi yang demikian itu, maka berpalinglah dari kebusukannya. Tutuplah hidungmu agar tak menghirup bau anyir. Tutuplah hidung dan telingamu dari bau dan suara hawa nafsu walaupun segala kenikmatan yang tersimpan di dalamnya menghampirimu. Allah berfirman kepada Nabi pilihannya (Muhammad saw) demikian:
“Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan - golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah yang lebih baik dan lebih kekal.” (QS At-Thaha, 20 : 131)

Related Posts:

0 Response to "Futuhul Ghaib Risalah Kelima : Kehidupan Dunia"

Post a Comment